Saat pertama kali kami sampai di Plaza Garuda di dekat Jembatan Merah Plaza Surabaya, saya dan teman-teman yang lain hanya melakukan tugas rutin, yaitu melakukan scanning berkas-berkas pelangan Surabaya Barat, kemudian di upload ke dalam web Telkom Daerah Surabaya Darat. Cukup melelahkan mungkin, mulai jam 7. 30 WIB kami saya sudah harus bekerja sampa dengan waktu istirahat jam 12.00 WIB. Waktu istirahat, saya dan teman-teman yang lain makan siang di dekat kantor, ada satu warung yang sering kami kunjungi. Di sana hanya menjual Ayam Goreng, Bebek Goreng, Lele Goreng, Telor Dadar dan Hati Goreng. Itu saja sih, tp karena enak membuat kami tidak bosan untuk makan di warung tersebut. Setelah makan siang, kami berempat kembali lagi ke kantor, setelah itu saya lanjutkan unutk menunaikan ibadah shalat zuhur. Kemudian di sisa waktu istirahat saya pergunakan untuk berbincang-bincang dengan teman-teman, kadang kala menonton tv atau browsing. Kemudian jam 13.00 WIB saya dan teman-teman yang lain sudah mulai bekerja lagi sampai dengan jam 16.00 WIB. Setelah itu baru kemudian kami ijin untuk pulang.
Selain melakukan scan upload, alhamdulillah saya mendapatkan tugas-tugas lain. Pernah saya di tugaskan untuk mencek kebenaran data-data pelanggan yang mencapai ribuan. Tapi yang diambil sampelnya (diperiksa) hanya 200 data pelanggan. Jadi teknis opersioanalnya adalah, menginputkan nomer speedy pelanggan tersebut, apabila data yang menggunakan nomer speddy itu dapat di display (di lihat) maka data tersebut di beri tanda ok, kemudian apabila tidak dapat di display, maka data tersebut hanya di beri garis strip.
Setelah data-data tersebut sudah dilakukan apakah dapat di display di dalam web atau tidak dapat di display. Data-data yang dapat di display tersebut di filter lagi kebenaran data-data yang yang dilaporkan dengan data-data yang terdapat pada SISKA. Saya jelaskan sedikit mengenai SISKA, SISKA atau Sistem Informasi Kastamer adalah suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengelola data-data yang ada mulai dari data jaringan, data pelanggan, data service level guaranty for customer (Segmentasi layanan), dan data abonemen pelanggan. Selain itu SISKA juga aplikasi internal telkom yang mengelola data pelanggan dengan sekuritas dan akurasi data yang tinggi, dengan demikian hal ini menjadi masalah mengingat operasional harian kerja untuk penanganan gangguan dan instalasi, administrasi pelanggan telah di serahkan ke pihak ke-3 (tiga) sebagai langkah efektifitas dan efisiensi operasional keuangan perusahaan. Kita lanjutkan, opersional siska cukup mudah untuk orang awam yang sebelumnya tidak mengenal sama sekali program tersebut. Setelah di capai mengecakan data yang ke 200, saya laporkan kepada atasan yang memberikan saya tugas tersebut, nama beliau dalah Pak Tri. Di laporan itu, saya cantumkan berapa buah data yang dapat di display, berapa buah data yang tidak dapat di display, berapa buah data yang yang berada di laporan dan data yang berada di SISKA tidak benar dan data yang berada di laporan dan data yang berada di SISKA benar.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar