Sabtu, 20 Juni 2009

First Week at Surabaya



Senin pagi, 15 Juni 2009 saya dan teman-teman lain menunggu di aula kantor DIVRE V Telkom Jawa Timur. Di aula tersebut ada Pak Gafur, saya, Anton, Elim, Rio, Handi, Tegar, Qinur, Adam, Rifki, Hermanto, Erwein, Sheila, Damar, Novi, Emi, Ardita dan Dewi. Sekitar 30 menit menunggu di aula, akhir nya saya dan teman lain yang mengajukan PSG di DIVRE V Telkom menemui untuk serah terima dari SMK Telkom Sandhy Putra yang di wakili oleh Pak Gafur dengan perwakilah DIVRE V Telkom yang diwakili oleh Pak Sahid. Di tempat Pak Sahid, kami semua di suruh untuk mengisi biodata dan oleh pak Sahid juga kami semua ternyata di tugaskan di bagian Customer Care Datel Surabaya Barat. Siap gak siap kami harus menerima, karena itu lah resiko kerja. Hari itu juga setelah Pak Gafur mengantar peserta magang di Datel Surabaya Timur untuk serah terima, kami di antar oleh beliau menuju ke Kandatel Surabaya Barat yang terletak di Jl. Mergoyoso 1-3 (tepat di belakang Tunjungan Plaza). Di sana kami diterima oleh Pak Marno. Pak Marno orangnya kocak abiss, beliau banyak mengajak kami bercanda, friendly. Pas lah untuk orang yang menerima peserta magang seperti kami. Mungkin untuk menghilangkan rasa tegang yang kami rasakan. Pak Marno menerangkan kami tentang SMK 3. SMK 3 sendiri adalah Sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Kata beliau, SMK 3 harus dimiliki oleh industri atau perusahaan yang memiliki karyawan lebih dari 100 orang. SMK 3 sendiri merupakan program dari pemerintah dan memiliki UU. Beliau menerangkan kepada kami tentang sistem keselamatan gedung Kandatel Surabaya Barat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu kami juga berbincang-bincang mengenai peserta magang yang lain atau yang sudah pernah magang di Datel Surabaya Barat, melihat-lihat foto.
Setelah itu kami disuruh oleh beliau menemui Ibu Lilik, beliau merupakan Asistem Manager Direct Channel Datel Surabaya Barat. Dengan beliau kami berbincang-bincang mengenai jauhnnya tempat kost dari kantor dan tentang apa itu Customer Care. Bu Lilik mengatakan megusahakan agar peserta magang yang perempuan untuk berkantor di DIVRE V Telkomdi Ketintang dan kami yang laki - laki menerima saja di mana pun ditempatkan. Hari pertama itu saya dan teman-teman lalui lebih banyak bercanda di banding seriusnya. Siang hari kami diperbolehkan pulang untuk istirahat. Kami pulang menggunakan Line tujuan Royal Plaza.

Hari kedua saya dan 3 teman saya yang lain (Anton, Elim dan Rio) menuju ke Kandatel Surabay Barat. Di sana kami melihat ada peserta magang lain yang berasal dari SMK Telkom Malang. Di sana kami disurh ikut oleh Bu Lilik masuk ke ruang rapat. Bu Lilik mengadakan rapat dengan 3 supervisor Plaza Telkom Mergoyoso, Plaza Telkom Garuda dan Plaza Tandes. Setelah itu kami menemui Pak Ridwan. Banyak yang mengatakan Pak Ridwan merupakan Prosessor Surabaya Barat. Beliau yang menangani database pelanggan telkom dan pengelolaan nya untuk area Surabaya Barat. Oleh Pak Ridwan kami ditugaskan lagi ke Plaza Telkom Garuda di dekat Jembatan Merah Plaza. Pak Ridwan mengatakan untuk kerja rutin nya kami akan melakukan back up data dari hardcopy ke softcopy. Cara kerja nya adalah kami menscanning file-file permohonan pelanggan mengenai pemasangan baru speedy, POTS, migrasi speedy, balik nama dan pemasangan baru jaringan telpon. Setelah di scanning, maka kami upload ke web milik telkom. Data-data pelanggan tersebut sangatlah banyak, setiap hari nya rata-rata kami menscan 100 berkas pelanggan. Untuk setiap berkas nya sendiri minimal terdapat 3 lembar kertas. Jadi dapat di bayangkan kami menscanning rata-rata 300 lembar kertas dan itu pun hitungan paling rendah, baru kemudian di upload ke web. Sedangkan dalam tiap minggu kami akan diberi materi atau tugas oleh Pak Ridwan. Kami juga di suruh mempelajari mengenai Linux dan jaringan nya, bahasa pemrograman php dan mengenai database MySQL di Linux atau pun di Windows. Itulah pekerjaan kami mulai hari selasa sampai dengan jumat ini. Kami masuk kantor jam 7.30 - 16.00 WIB. Waktu istirahat jam 12.00 -13.00 WIB
Itulah aktifitas yang saya lakukan selama satu minggu ini. Untuk Pak Marno apabila membaca tulisan ini saya ingin menyampaikan banyak terima kasih karena telah menerima kami di Kandatel Surabaya Barat dan kami semua senang dengan bapak karena bapak orang nya kocak habis deh. Untuk Pak Ridwan terima kasih juga karena telah memberi kesempatan dan kepercayaan kami menangani ribuan data-data pelanggan dan kami siap menerima tugas mingguan yang bapak sampaikan, untuk Ibu Lilik terima kasih juga bu buat traktiran makan siang nya, hehehe..
Wassalamualaikum Wrb.

1 komentar:

fachrie230 mengatakan...

wah curhat habis nih...it's ok lah...Dam lengkapi lah dengan futu" narsis ha..ha..ha..


capt.